Terapi Pengobatan Medis Untuk Schizophrenia

Pengobatan merupakan pengobatan standar sebagai landasan untuk terapi schizophrenia. Namun karena pengobatan untuk schizophrenia dapat menyebabkan efek samping yang serius, meskipun jarang terjadi, pasien mungkin enggan mengonsumsi obat tersebut. Pasien disarankan bekerja sama dengan psikiatri dan petugas kesehatan yang lain untuk menemukan pengobatan yang tepat bagi pasien, dengan efek samping minimal.

Pengobatan antipsikotik merupakan pengobatan yang paling umum diresepkan untuk terapi schizophrenia. Obat-obatan ini berfungsi mengontrol gejala-gejala dengan mempengaruhi neurotransmitter otak, dopamine dan serotonin. Ada dua jenis utama pengobatan antipsikotik:
•    Konvensional,  atau tipikal antipsikotik. Pengobatan ini umumnya efektif dalam mengelola gejala-gejala positif schizophrenia. Pengobatan ini kerap dan berpotensi menimbulkan efek samping neurologis, termasuk kemungkinan tardive dyskinesia atau gerakan menyentak tanpa sadar. Kelompok pengobatan ini termasuk:
•    Haloperidol (Haldol)
•    Thioridazine
•    Fluphenazine
Tipikal antipsikotik ini umumnya harganya lebih murah dari obat lain yang terbaru, khususnya untuk obat generik, yang amat pantas dipertimbangkan khususnya untuk pengobatan jangka panjang jika diperlukan.
•    Generasi baru, atau disebut juga atipikal antipsikotik. Pengobatan antipsikotik terbaru ini positif dalam mengelola gejala negatif dan positif. Yang termasuk obat jenis ini antara lain:
•    Clozapine (Clozaril)
•    Risperidone (Risperdal)
•    Olanzapine (Zyprexa)
•    Quetiapine (Seroquel)
•    Ziprasidone (Geodon)
•    Aripiprazole (Abilify)
•    Paliperidone (Invega)
Risperidone (Risperdal) adalah stau-satunya obat atipikal antipsikotik yang telah disetujui Food and Drug Administration (FDA) untuk terapi schizophrenia pada anak-anak usia 13 hingga 17 tahun. Pengobatan antipsikotik atipikal memiliki efek samping terhadap metabolism, termasuk pertambahan berat badan, diabetes dan kolesterol tinggi.

Pengobatan mana yang paling sesuai untuk pasien sangat bergantung kepada kondisi masing-masing. Butuh waktu beberapa minggu setelah mulai mengonsumsi obat pertama kali untuk mengenali perbaikan dari gejala. Pada umumnya, tujuan terapi dengan pengobatan antipsikotik efektif untuk mengontrol tanda dan gejala pada dosis serendah mungkin. Pengobatan lain yang mungkin membantu antara lain antidepresan atau antikecemasan.

Jika salah satu obat tidak bekerja dengan baik, atau pasien tak bisa menoleransi efek samping yang muncul, dokter mungkin akan menyarankan pengobatan kombinasi, mengganti jenis pengobatan atau meninjau ulang dosisnya. Jangan pernah berhenti mengonsumsi obat tanpa membicarakannya dengan dokter, bahkan saat pasien merasa lebih baik. Pasien mungkin akan mengalami kekambuhan gejala-gejala psikotik jika menghentikan asupan obat.Selain itu, obat antipsikotik perlu tapered off, dibandingkan dihentikan sama sekali stopped abruptly, untuk menghindari gejala-gejala ketagihan.

Pasien harus mengetahui bahwa semua obat antipsikotik memiliki efek samping dan risiko terhadap kesehatan. Obat antipsikotik tertentu, misalnya, meningkatkan risiko diabetes, pertambahan berat badan, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Clozaril bisa menyebabkan perubahan yang membahayakan terhadap jumlah sel darah putih. Obat antipsikotik tertentu dapat menyebabkan masalah kesehatan serius pada orang dewasa dan harus dihindari.

Pasien harus membicarakan dengan dokter mengenai kemungkinan efek samping yang timbul, masalah kesehatan juga harus dimonitor saat pasien mengonsumsi obat-obatan jenis ini. Obat antipsikotik bisa melakukan interaksi yang membahayakan dengan substansi lain. Dokter harus mengetahui mengenai semua obat atau substansi lain yang dikonsumsi pasien, bahkan termasuk vitamin, mineral dan suplemen herbal.

Sumber:

http://www.go4healthylife.com/articles/427/1/Schizophrenia/Page1.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: